Kamis, 20 Juni 2024 WIB
Kamis, 20 Juni 2024 WIB

Resmi Dilantik, PPK Ditekankan Bekerja Penuh Tanggungjawab dan Jaga Netralitas

Redaksi - Kamis, 16 Mei 2024 21:27 WIB
Resmi Dilantik, PPK Ditekankan Bekerja Penuh Tanggungjawab dan Jaga Netralitas
Prosesi pelantikan PPK oleh KPU Kepulauan Meranti, Kamis (16/5/2024) di Ballroom Grand Meranti Hotel, Selatpanjang.
merantione.com -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti, Kamis (16/5/2024) pagi, bertempat di Grand Meranti Hotel Selatpanjang, melantik 45 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Ketua KPU Kepulauan Meranti, Katmuji didampingi Komisioner Divisi Parmas dan SDM Hanafi mengatakan, hampir 60 persen wajah lama kembali terpilih menjadi anggota PPK. Mereka sebelumnya dinilai baik dalam bertugas, sehingga tetap dipertahankan.

"Mereka (PPK lama) hampir mendaftar semua. Berdasarkan hasil evaluasi kita saat tes wawancara kemarin, kinerja anggota PPK lama yang terpilih dinilai sangat baik. Ini tentunya karena memiliki pengalaman dalam bekerja," ujarnya.

Kemudian, Hanafi menekankan kepada anggota PPK terpilih agar bekerja sesuai tanggung jawab yang diberikan dan berintegritas. Terlebih lagi, dengan regenerasi anggota PPK yang baru juga diharapkan bisa belajar dengan yang lama, supaya bisa menjalankan tugas dengan baik.

"Regenerasi itu penting, makanya ada wajah baru. Tapi kalau seandainya orang baru semua, nanti dinilai ada ketidakpercayaan publik kepada lembaga pemilu, sehingga pada akhirnya orang tidak mau mendaftar," kata Hanafi.

"Namun yang jelas, salah satu indikator penting untuk menilai mereka layak dalam seleksi ulang ini adalah kinerja. Kalau kinerjanya kurang bagus bakal kita ganti," tambah Hanafi lagi.

Sementara itu, Pemkab Kepulauan Meranti melalui Plt Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab, M Mahdi mengingatkan agar PPK yang akan bertugas menjaga netralitasnya.

"Atas nama pemerintah kabupaten, kami mengucapkan selamat. Mari jaga netralitas dan saling bekerja sama," kata Mahdi.

Menurutnya, PPK memiliki peran yang sangat penting dalam kelancaran pelaksanaan Pilkada mendatang. Untuk itu, anggota PPK diminta bekerja dengan baik dan selalu berpedoman kepada aturan yang berlaku.

"Bekerja dengan jujur, adil dan amanah. Ingat sumpah dan janji yang diucapkan karena akan menjadi pertanggungjawaban pada Yang Maha Kuasa," ucapnya saat menghadiri pelantikan PPK.

Sementara itu, Komisioner Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau Suprianto yang turut hadir berpesan, banyak tugas dan tahapan yang akan dilalui menjelang pilkada pada 27 November 2024 mendatang. Mulai dari sosialisasi teknis dan berbagai tahapan hingga pelaksanaan pemilihan.

"Ini adalah tahapan awal. Kita selaku panitia memiliki peran utama dituntut untuk berintegritas dan bertanggung jawab," pesannya.

Ikut hadir menyaksikan pelantikan tersebut, Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti Syamsurizal, unsur Forkopimda, para Komisioner KPU dan tamu undangan lainnya.(uzi)

Baca Juga:
Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru