Minggu, 21 Juli 2024 WIB
Minggu, 21 Juli 2024 WIB

KPU Meranti Rekrut Ratusan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih

Redaksi - Jumat, 14 Juni 2024 20:19 WIB
KPU Meranti Rekrut Ratusan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih

merantione.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau merekrut sebanyak 576 orang petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Baca Juga:

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kepulauan Meranti, Katmuji, melalui Komisioner Divisi Parmas dan SDM, Hanafi SSos, Jumat (14/6/2024). Dikatakannya, pembentukan petugas pemuktahiran data pemilih atau PPDP pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 dimulai dari pengumuman pendaftaran calon pantarlih/PPDP pada tanggal 13-17 Juni 2024.

"Rekrutmen calon pantarlih ini sudah kita umumkan tanggal 13 sampai 14 Juni. Agar prosesnya dapat diikuti banyak calon peserta, maka kita menginstruksikan PPS disetiap desa juga membuat pengumuman secara terbuka," ungkapnya.

Adapun tahapan setelah pengumuman, beber Hanafi, yakni penelitian administrasi tanggal 14 hingga 20 Juni, pengumuman hasil seleksi tanggal 21 hingga 23 Juni, penetapan hasil seleksi tanggal 23 Juni, selanjutnya pelantikan pantarlih 24 Juni dan masa kerja pantarlih 24 Juni hingga 25 Juli 2024.

Sedangkan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaftar yakni, merupakan warga negara Indonesia, berusia paling rendah 17 tahun, berdomisili dalam wilayah kerja, mampu secara jasmani dan rohani, berpendidikan paling rendah SMA sederajat, dan tidak menjadi anggota partai paling singkat 5 tahun.

Kemudian, untuk kelengkapan dokumen berupa fotocopy KTP-el, surat keterangan sehat secara jasmani dari puskesmas, rumah sakit, atau klinik. Kemudian surat penyataan tidak memiliki penyakit penyerta (komorbiditas) dan surat pernyataan sehat secara rohani, fotocopy ijazah terakhir, surat pernyataan bagi yang tidak menjadi anggota partai politik atau surat keterangan dari partai politik yang bersangkutan bagi calon yang paling tidak lagi menjadi anggota partai politik sesingkatnya 5 tahun.

Disampaikan Hanafi pula, bahwa peserta yang memenuhi syarat menjadi pantarlih nantinya akan bertugas melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih yang ada di kabupaten ini.

Dimana, jumlah pemilih berdasarkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) hasil sinkronisasi jumlah penduduk sebanyak 152.269 orang. Dengan rincian, 78.528 laki-laki dan 73.741 perempuan dari sebanyak 63.985 KK.

"Kebutuhan pantarlih kita sebanyak 576 orang untuk ditempatkan di 366 TPS. Pantarlih akan mendatangi secara langsung tempat tinggal pemilih sesuai dengan data kependudukan yang tersedia untuk memutakhirkan data pemilih," pungkasnya. (uzi)

Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru