Minggu, 21 Juli 2024 WIB
Minggu, 21 Juli 2024 WIB

Sertijab Kanim Selatpanjang, Kanwil Kemenkumham Riau Sampaikan sejumlah Pesan Penting

Redaksi - Kamis, 04 Juli 2024 12:36 WIB
Sertijab Kanim Selatpanjang, Kanwil Kemenkumham Riau Sampaikan sejumlah Pesan Penting
Prosesi sertijab Kanim Kelas II Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Rabu (3/7/2024) sore.
merantione.com - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Riau, Rabu (3/7/2024) sore, menggelar serah terima jabatan (sertijab) Kepala Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang.

Baca Juga:
Kegiatan sertijab yang berlangsung di Kantor Imigrasi Selatpanjang, di Jalan Merdeka, Selatpanjang tersebut dipimpin oleh Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Riau, Johan Manurung.

Tongkat estafet kepemimpinan Imigrasi Selatpanjang yang sebelumnya dijabat oleh Azhar diserahkan kepada Putu Sonny Kharmawi Guna Giri yang berasal dari Bali. Sementara Azhar akan melanjutkan tugas ke wilayah Jakarta.

Kepala Divisi Administrasi Kemenkumham Riau, Johan Manurung menekankan kepada Imigrasi Selatpanjang untuk memberikan kepuasaan bagi masyarakat Meranti dalam hal pelayanan paspor. Namun, pihaknya membatasi Imigrasi Selatpanjang agar tidak memproses paspor di luar dari Kartu Tanda Penduduk (KTP) Meranti dan Siak.

"Kami membatasi Imigrasi Selatpanjang untuk mengurus dan memproses paspor yang tanda kutip adalah KTP Meranti plus KTP dari Kabupaten Siak yang notabene kelahiran Meranti. Di luar daripada itu kami ingatkan kepada Kakanim jangan diproses," ujar Johan Manurung.

Kemudian, Johan juga meminta agar Imigrasi Selatpanjang mempermudah masyarakat Meranti dalam permohonan pembuatan paspor. Karena menurutnya, seperti yang diketahui banyak masyarakat di kabupaten termuda di Riau itu yang mengadu nasib ke Malaysia untuk mencari nafkah.

"Saya harapkan Imigrasi Selatpanjang memberikan kemudahan masyarakat Kepulauan Meranti. Sebab selama 25 hari mereka berangkat ke negara tetangga hanya untuk mencari makan. Setelah pulang, mereka sudah warga Indonesia lagi. Ini yang perlu diperhatikan," sebutnya.

Johan juga mengaku personel di Imigrasi Selatpanjang masih sangat minim. Tetapi dengan keterbatasan itu, pihaknya akan tetap berupaya memaksimalkan pelayanan, baik di kantor maupun di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Tanjung Harapan.

"Mudah-mudahan tidak ada komplain dari teman-teman di daerah ini. Meski begitu, saya minta agar pak Kakanim tetap terus berkoordinasi dan berkolaborasi bersama Pemerintah daerah dan aparat penegak hukum (APH)," harap Johan.

Kepala Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang, Putu Sonny Kharmawi Guna G menyebutkan dirinya akan melanjutkan tugas yang diemban oleh pimpinan yang sebelumnya. Terutama hal dalam meningkatkan kinerja keimigrasian.

"Kita akan berkolaborasi dengan seluruh pihak sesuai dengan prosedur. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini saya bisa keliling menyambangi Pemerintah daerah dan seluruh forkompinda di wilayah ini," kata Putu Sonny.

Di kesempatan itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Kepulauan Meranti, Rokhaizal, atas nama pemkab mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Azhar yang telah banyak membantu masyarakat. Terutama dalam kepengurusan paspor, karena mengingat banyaknya masyarakat Meranti yang bekerja di Malaysia.

"Terkhusus dengan terobosan jalur kapal tersendiri dari Selatpanjang ke Malaysia, itu sangat membantu masyarakat kita yang bekerja di sana," ujar Rokhaizal.

Dia juga mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Putu Sonny Kharmawi Guna di Kepulauan Meranti.

"Semoga kita bisa bersinergi dan mengevaluasi apa yang kurang untuk Meranti yang lebih baik ke depan," ucapnya.

Ikut hadir menyaksikan sertijab itu, perwakilan dari Polres Kepulauan Meranti, Kalapas Selatpanjang, Kepala Imigrasi Siak dan Bengkalis, para Dharma wanita Imigrasi Selatpanjang dan lainnya. (uzi)

Editor
: Redaksi
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru